Selasa, 17 April 2012

Scoutface, jejaring sosial untuk Pramuka





Sejarah dan perkembangan Scoutface
            Tidak dapat dipungkiri seiring dengan perkembangan jaman, Internet telah menjadi kebutuhan manusia diseluruh dunia dan pengguna internet semakin bertambah dari masa ke masa. Seperti layaknya facebook dan twitter yang sudah sangat familiar sebagai situs jejaring sosial dunia yang telah menghubungkan orang-orang yang menggunakan layanan tersebut.
 Vasile Darie yang berasal dari Bucharest, Romania yang juga merupakan anggota pramuka mempunyai ide untuk mempertemukan para anggota pramuka diseluruh dunia setiap saat dan tidak hanya waktu acara jambore dunia saja yang hanya diselenggarakan 4 tahun sekali. Maka pada tahun 2007 terciptalah jejaring sosial Scoutface.
 ScoutFace merupakan situs jejaring sosial yang diperuntukan untuk semua member pramuka yang ada di dunia. kehadiran ScoutFace tentu merupakan sebuah kabar gembira bagi pramuka dunia karena kita dapat berinteraksi dengan pramuka lain melalui jaringan internet. ScoutFace sebagai jejaring sosial pramuka dunia mudah untuk digunakan, dengan tampilan yang menarik dan sederhana sangat mudah untuk dipahami serta tidaklah menjadi kendala tatkala member pramuka membutuhkan akun tersebut.
Hingga kini ScoutFace mendukung beberapa bahasa yang dapat digunakan untuk mengaksesnya namun belum seluas jejaring sosial lain seperti facebook yang telah support multi bahasa. Bahasa Indonesia sendiri belum tersedia di dalam situs ini, tapi hal itu bukanlah menjadi masalah yang besar bagi pramuka yang ingin bergabung, karena menu yang tersedia pada situs jejaring sosial pramuka ini sangatlah familiar bagi user internet. Selain itu dapat melatih kemampuan bahasa inggris dari user pramuka dengan berinteraksi lebih banyak dari pramuka negara lain.

Konsep
Scoutface memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dengan facebook, dimana sebagai media jejaring sosial Pengguna dapat membuat profil diri mereka sendiri yang dilengkapi foto, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain (tanggal lahir, tempat tinggal,pendidikan, pekerjaan, hobi, dan bisa mendeskripsikan tentang diri sendiri). Para pengguna juga bisa menambah kenalan atau yang biasa kita sebut dengan teman ( friends). Trend penggunaan Scoutface sebagai media jejaring sosial tidak jauh-jauh dari mengekspresikan semua hal yang kita alami, dan membagikannya dengan pengguna lain melaui fitur update status dan diketik di dalam kolom yang bertuliskan “what are you doing right now?”yang nantinya akan tampil pada home. Scoutface juga dilengkapi fitur pesan pribadi (fitur message) atau umum (disebut dengan wall to wall) dan fitur obrolan (chating). Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup, tetapi untuk saat ini fitur tersebut masih dalam tahap perkembangan.

Teknologi yang digunakan Scoutface
Kalo dilihat baik - baik, fitur Scoutface ini tidak jauh berbeda lah dengan facebook dan friendster seperti ada fitur buat add friend, bisa bikin status, comment, dll. Scoutface juga didukung beberapa bahasa yang dapat digunakan namun baru beberapa bahasa saja, Bahasa Indonesia pun belum ada disini namun itu bukanlah masalah besar karena menu yang tersedia disini familiar bgt buat para penggunanya dan juga bsa buat sedikit latihan kemampuan berbahasa Inggris juga kan jadi nya...hhohhoho..

Kelebihan Scoutface
  • Lebih mudah mendapatkan teman sesama anggota pramuka diseluruh dunia
  • melalui marketplace kita bisa saling bertukar lencana, tanda kecakapan, baju, dll antar negara dan bisa untuk saling bertukar informasi.
  • bsa saling mengobrol melalui aplikasi chat


Kekurangan Scoutface
Karena masih tergolong jeajring sosial yang masih baru jadi masih sedikit pengguna Scoutface ini,untuk diIndonesia sendiri penggunanya masih kurang dari seribu, dan pengguna terbanyak dengan 5 ribu lebih pengguna yaitu dari negara Brasil

Keamanan
Untuk sistem keamanan itu sendiri masih tergolong sederhana, jadi apabila kita salah memasukkan password maka disuruh memeriksa ejaan benar atau salah, jika lupa password maka bisa direset dengan memasukkan email anda dan akan dikirim ke email yang sudah sebelumnya didaftarkan.

Pemanfaatan dan Pengembangan Masa Depan
Setelah melihat langsung diharapkan untuk lebih menambahkan aplikasi serta penampilan yang agak kaku agak dirubah biar lebih user friendly, pengembangannya harus lebih dipercepat lagi supaya menjadi daya tarik untuk para pramuka diseluruh dunia.
Berikut Video Promosi Scoutface :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar