Jumat, 02 November 2012

Pengaruh Teknologi Terhadap Kebudayaan

     Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan budaya karena terdiri dari berbagai macam suku dan etnik-etnik yang melahirkan budaya yang unik dan berbeda. Tak ada satupun bangsa yang dapat mengalahkan banyaknya budaya yang kita punya, keragaman dan kekayaan budaya yang kita punya, adat-istiadat dan nilai luhur yang kita punya
     Mengingat kemajuan teknologi informasi yang pesat dan dapat dikatakan ampuh untuk menyebarluaskan suatu informasi, maka tidak ada salahnya kita mencoba turut serta melestarikan budaya serta nilai luhur bangsa Indonesia melalui pemanfaatan teknologi, yakni teknologi informasi. Misalnya melalui facebook, twitter, kaskus, plurk atau situs jejaring sosial lainnya. Misalnya dengan meng-update status tentang ketertarikan kita atau informasi menarik tentang suatu kebudayaan atau menuliskannya dalam catatan di situs jejaring sosial tersebut. Kemudian melalui situs milik pribadi (blog) seperti yang disediakan blogger (blogspot), wordpress atau blog.com. dengan menggunakan bahasa sesuai yang enak dibaca serta gambar yang menarik kita membuat suatu informasi berupa artikel tentang kebudayaan Indonesia atau dengan membuat aplikasi yang bertujuan memberikan informasi kebudayaan, misalnya seperti aplikasi rorojonggrang berikut cuplikannya :

                                   

     Peran teknologi dalam suatu kebudayaan sangatlah berpengaruh. Bukan berarti tanpa adanya teknologi kebudayaan tidak dapat berkembang. Namun dengan adanya teknologi, kebudayaan pun akan cepat berkembang dan diketahui banyak orang. Dengan teknologi pun kita dapat mencari informasi mengenai daerah lain maupun dari negara lain dan dengan itu kita mengetahui informasi-informasi dari daerah atau negara itu. Kita pun dapat memberi informasi mengenai budaya yang ada di daerah kita kepada orang lain.
tapi perlu diingat sebaiknya kita membatasi apa yang harus kita lakukan dan yang tidak harus kita lakukan. Apa yang penting maupun yang tidak penting,jangan sampai kebudayaan bansa kita punah begitu saja.

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar